Suhu Tinggi, Nyoblos di Bilik Khusus

by -
CEK PERSIAPAN TPS - Kabid Administrasi Pemerintahan Desa Edi Setiawan cek persiapan TPS untuk Pilkades, kemarin.

KAJEN – Pilkades serentak di 32 desa di 18 kecamatan di Kabupaten Pekalongan akan dilaksanakan pada Rabu (23/2/2022) hari ini. Total ada 73 calon kepala desa yang akan bertarung di Pilkades 2022 ini. Bahkan lima di antaranya merupakan pasangan suami-istri yang bertarung di Pilkades kali ini. Satu desa yakni Desa Pucung, Kecamatan Tirto, gagal menyelenggarakan Pilkades karena tidak ada calon yang mendaftar.

Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, Dinas PMD, Edi Setiawan, usai pantauan persiapan Pilkades di sejumlah TPS, kemarin siang, mengatakan, untuk pemgawasan Pilkades akan dilaksanakan secara berjenjang. Di kecamatan juga ada tim pengawas.

“Kita sudah ada beberapa kali pemantapan. Alhamdulillah dari Bupati kemarin sudah kita agendakan untuk pembekalan kepada calon kepala desa. Sebelumnya kita juga sudah memberikan stressing. Pak Sekda sendiri yang memandu untuk pembekalan ke P2KD,” terang dia.

Dikatakan, Bupati juga sudah menerbitkan surat edaran terkait pelaksanaan Pilkades di tengah pandemi. Menurutnya, pelaksanaan coblosan di tiap TPS ada pembatasan.

“Jika ikuti aturan di Kemendagri jelas satu TPS untuk 500 DPT. Namun ketika dengan segala keterbatasannya, kita sudah komunikasi ke kementerian bahwa ada beberapa bilik suara itu yang kita asumsikan sebagai TPS. Sehingga dengan pengaturan jadwal kehadiran diharapkan nanti tidak akan ada penumpukan massa. Apalagi kita sudah membuat jalur masuk dan keluar di TPS itu. Sehingga harapannya tidak ada penumpukan massa,” katanya.