Genjot Capaian, Bupati Batang Luncurkan Kembali Vaksinasi Berhadiah Motor

by
Pemkab Batang menyediakan hadiah motor bagi warga yang mengikuti vaksinasi.

Batang – Untuk menggenjot pencapaian vaksinasi, baik dosis 1 dan 2 maupun booster, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang kembali meluncurkan vaksinasi COVID-19 berhadiah motor yang kedua.

Bupati Batang, Wihaji pada peluncuran program tersebut vaksinasi berhadiah motor periode kedua ini dimulai 22 Februari 2022 hingga 8 April 2022 untuk dosis pertama sampai ketiga. Dengan program ini, diharapkan minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi bisa meningkat.

“Vaksinasi berguna untuk membentengi diri dari Covid-19, sehingga terhindar dari tingkat keparahan yang bisa mengancam jiwa. Namun, meskipun sudah divaksin, kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Bupati Wihaji saat launching program tersebut di aula kantor Bupati, Selasa (22/02/2022).

Bupati Wihaji mengungkapkan, Kabupaten Batang saat ini masuk PPKM level 3. Hal itu disebabkan terjadinya peningkatan kasus COVID-19. “Untuk itu vaksinasi sangat penting, sebagai salah satu kata kunci bertarung dengan COVID-19 agar kedepan sudah tidak lagi menjadi pandemi, tapi endemi seperti negara tetangga Singapura,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnu Hardanto mengatakan, vaksinasi berhadiah kedua ini sebagai upaya meningkatkan cakupan vaksinasi untuk semua dosis dari pertama sampai dosis ketiga atau booster.

Melihat data per hari ini capaian vaksinasi dosis pertama 80,32 persen, dosis kedua 58,19 persen dan dosis ketiga 2,69 persen dari total sasaran 622.000 orang.

Adapun vaksinasi lansia dosis pertama 68,19 persen dan dosis kedua 40,98 persen dan vaksinasi anak dosis pertama 89,67 persen dan kedua 43,93

“Target kita sendiri adanya vaksinasi berhadiah kedua ini dosis pertama 100 persen, dosis kedua 70 persen, dan dosis ketiga 60 persen. Saya meminta masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi di Puskesmas terdekat, agar terbentuk hard immunity masyarakat. Mengingat angka kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Batang mengalami peningkatan,” tandas dr Didiet. (don)