Peran Serta LPMD Cukup Penting Dalam Kemajuan Desa

oleh -
SAMBUTAN - Ketua DPRD Kabupaten Pekakongan, Hj Hindun, memberikan sambutan dalam kegiatan Bimtek LPMD di Lebakbarang.

LEBAKBARANG – Keberadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) cukup penting dalam peranserta kemajuan desa. Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun ketika menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) LPMD dalam rangka Pembinaan dan pengawasan desa di Aula Kecamatan Lebakbarang, Rabu (16/02/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Hindun menyampaikan pemberdayaan lembaga harus dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan kapasitas untuk menggerakkan masyarakat.

“Ada peran penting LPMD yang tidak bisa tergantikan, yaitu dalam menggerakkan masyarakat. Saya rasa memang LPMD di Kecamatan Lebakbarang harus terus kita berdayakan agar punya kemampuan dan kapasitas untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa,” ujarnya.

Dikatakan pembangunan desa harus sesuai berdasarkan dengan kebutuhan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya itu, upaya mensejahterakan masyarakat desa, cara mengenali masalah yang ada di desa, merumuskan perencanaan kegiatan guna menyelesaikan masalah yang ada di desa dan pembangunan desa.

Seperti di Lebakbarang sendiri, beberapa waktu lalu sering terjadi bencana longsor, itu mengakibatkan pemadaman listrik di beberapa desa di Lebakbarang.

Adapun dalam kesempatan itu salah seorang peserta LPMD Slamet menyampaikan bahwa didaerahnya sering sekali padam jika terjadi hujan, baik karena pohon tumbang maupun longsor yang mengenai kabel.

Atas keluhan masyarakat tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan meminta PLN harus bergerak langsung dalam mengatasi pemadaman listrik pada waktu musim hujan baik akibat pohon tumbang maupun akibat bencana longsor.

“Di musim penghujan seperti daerah Lebakbarang memang rawan pohon tumbang dan bencana longsor, itu bisa merusak infrastruktur instalasi listrik yang mengakibatkan pemadaman. PLN harus bisa segera menangani persoalan tersebut,” jelasnya.

Jika listrik sudah stabil, maka perlu dukungan dari Pemerintah agar seluruh desa di Lebakbarang bisa menggunakan jaringan internet, dengan tujuan untuk pemanfaatan dan pemberdayaan masyarakat dibidang UMKM.

Semua mengetahui Lebakbarang sendiri kaya akan sumber daya alamnya. Banyak yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, di zaman sekarang internet menjadi hal penting dalam mengenalkan dan memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Lebakbarang kepada masyarakat luas.

“Pemerintah harus memfasilitasi agar masyarakatnya berkembang, salah satunya dengan menyiapkan jaringan internet. Kepada dinas terkait agar bisa segera merealisasikan pemanfaatan internet dengan harapan ada pengembangan UMKM secara digitalisasi dan peningkatan roda perekonomian untuk masyarakat,” tandasnya.