Dindik Rencanakan Homologasi PAUD PKK

by
SAMBUTAN - Para peserta terlihat antusias mendengarkan sambutan dari Ka Dindik Kota Pekalongan.

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan setempat menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan homologasi (pengesahan) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di bawah naungan PKK Kota Pekalongan di aula B, Kantor Dinas Pendidikan setempat, Kamis (17/02/2022).

Disampaikan Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya bahwa lahirnya PAUD tak lepas dari imbauan PKK untuk mendirikan satuan pendidikan tersebut. Sehingga perkembangan PAUD perlu diimbangi dengan program kerja PKK untuk dapat mendorong gerakan PAUD berkualitas. Hal tersebut yang menjadi acuan sehingga perlu diadakan homologasi atau pemberian legal formal PAUD PKK yang didirikan oleh kader PKK.

“Lahirnya PAUD yang dulunya imbauan dari PKK untuk mendirikan ini, tentunya kami harus turut serta untuk menjadikan PAUD PKK lebih berkualitas, sehingga muncullah ide untuk dapat kita homologasi atau pemberian legal formal bawah PAUD yang didirikan oleh kader PKK tersebut merupakan PAUD PKK, yang harus terus kita bina dan kembangkan ke arah yang lebih baik,” ujar Inggit.

Inggit menambahkan, untuk mewujudkan PAUD PKK yang memiliki program sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan tentunya perlu dukungan dari pihaknya, sehingga ia berharap PKK di Kota Pekalongan baik tingkat kota sampai kelurahan yang memiliki binaan PAUD dapat memperhatikan dengan baik lembaga PAUD masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang baik antara bunda PAUD dari tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan sehingga PAUD PKK yang ada di Kota Pekalongan dapat berjalan dengan baik.

Zainul Hakim menerangkan dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan evaluasi tahun sebelumnya dan harapannya kualitas layanan dan pengelolaan PAUD dapat ditingkatkan melalui bunda paud se-Kota Pekalongan.

“Dalam rakor kali ini, kita mencoba evaluasi sekilas di tahun kemarin, mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki. Jadi kegiatan di tahun anggaran 2022 ini bisa ditingkatkan kualitas layanannya dan pengelolaan PAUD melalui bunda paud kota, kecamatan, dan kelurahan,” tandas Zainul. (mal)