Waspadai Pohon Tumbang dan Longsor

by
KERJA BAKTI - Anggota Koramil dan Polsek Karanganyar bersama warga membersihkan puing-puing rumah yang rusak tertimpa pohon tumbang di Desa Pododadi, kemarin pagi.

KARANGANYAR – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin masih kerap mengguyur wilayah Kabupaten Pekalongan. Bencana pohon tumbang, angin kencang, dan longsor terjadi di sejumlah desa di Kota Santri.

Danramil Karanganyar, Kapten Arif Munajad, kemarin, mengatakan, potensi pohon tumbang rawan terjadi di wilayah Kecamatan Karanganyar. Karena sebagian besar wilayahnya berupa perkebunan dan tegalan.

Ia menyebutkan, akibat tertimpa pohon durian roboh, rumah Ahmad Sukron (40), di Dukuh Wonorejo RT 01 RW 05, Desa Pododadi, rusak parah. “Anggota kita bersama anggota Polsek, dan masyarakat tadi pagi kerja bakti membersihkan puing-puing bangunan rumah yang rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang tersebut,” terang dia.

Sementara itu, akibat hujan deras telah terjadi tanah longsor menimpa dinding rumah milik Edi Nurapip di Dukuh Mudal, Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, kemarin, pukul 16.30 WIB.

“Akibat tertimpa tanah longsoran ini dinding rumah korban jebol. Kerugian sekitar Rp 5 juta,” terang Danramil Petungkriyono, Kapten Inf Puji Wahyono.

Sementara itu, sehari sebelumnya, bencana angin kencang menerjang Dusun Brondong RT 04 RW 02 dan RT 01 RW 01, Desa Brondong, Kecamatan Kesesi. Akibatnya, beberapa rumah milik warga terbang dan juga terjadi tanah longsor.

Danramil Kesesi Kapten Inf Ibrohim, menerangkan, rumah warga yang rusak di antaranya atap rumah sekaligus warung milik Sriyanti terbang, jalan penghubung antar rumah longsor, dan pohon tumbang di dekat bendungan. (had)