Wihaji Berharap Guru Penggerak Dorong Pemerataan Kualitas Pendidikan

by
COACHING CLINIC - Bupati Batang saat menghadiri Coaching Clinic Program Guru Penggerak di SMK Kandeman, Rabu (16/2/2022).

BATANG – Tahun ini Kabupaten Batang turut melaksanakan program Guru Penggerak dari Kemdikbud. Bupati Batang, Wihaji, berharap hadirnya program ini bisa membantu menggerakkan pendidikan di Batang.

Hal ini seperti disampaikan Wihaji saat Coaching Clinic Program Guru Penggerak di SMK Kandeman, Rabu (16/2/2022). Ia berharap, guru penggerak juga mampu menyampaikan materi secara efektif dan juga menjadi suri tauladan.

“Guru penggerak ini nantinya bisa menjawab tantangan pendidikan yang ada di Batang. Apalagi di tengah anak didik yang berbeda karakter dan kebutuhan. Jadi semuanya bisa holistik, antara guru, sekolah dan murid bisa saling berkolaborasi agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan,” harapnya.

Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufiq menjelaskan, ada lima peran penting dari sosok guru penggerak. Seperti menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid.

Dilanjutkannya, guru penggerak berfokus pada peran kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik. Selain itu juga aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. “Dan yang penting turut menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila,” ujar Taufiq.