Saatnya Sekolah Penggerak Menggerakkan yang Lain

by
SOSIALISASI - Disdikbud Batang saat mensosialisasikan program Sekolah Penggerak di SMPN 1 Kandeman, Selasa (15/2/2022).

BATANG – Disdikbud Batang mendorong sekolah-sekolah di wilayahnya untuk mengikuti program sekolah penggerak. Hal ini seperti dilakukan dalam Coaching Clinic Program Sekolah Penggerak Tahap 3 di SMPN 1 Kandeman, Selasa (15/2/2022).

Sekretaris Disdikbud Batang, Budiono didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Batang, M Arief Rohman berharap, nantinya banyak sekolah yang mengikuti program ini. Baik dari jenjang TK, SD maupun SMP sederajat.

“Program ini merupakan program nasional dari Kemdikbud bekerja sama dengan Pemkab Batang. Di mana diharapkan dapat memacu sekolah menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya,” ujarnya.

Dikatakan Arief, untuk menjadi sekolah penggerak ini ada beberapa hal yang dilakukan. Seperti bagiamana sekolah mampu untuk melaksanakan manajemen pendidikan yang efektif. Sehingga tetap dapat memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan kompetensi dan kecakapan murid.

“Sekolah bisa terpacu mengembangkan manajemen sekolah yang efektif. Sehingga dapat menghasilkan strategi pembelajaran yang bermakna. Tak hanya kognitif, tapi juga kemampuan siswa dalam pembelajaran yang berbasis project,” imbuhnya.

Menurutnya, program ini sangat tepat dilakukan di Batang. Lantaran saat ini Batang tengah menyiapkan diri sebagai Kota Industri dengan hadirnya KITB. Sehingga pelajar Batang nantinya dapat menjadi aktor dalam pengembangan KITB.

“Dengan program ini Batang dapat memiliki sumber daya manusia yang lebih kompeten. Sehingga siswa atau lulusan dari sekolah penggerak ini punya kompetensi yang bisa berkontribusi dalam pengembangan KITB. Masyarakat harus bisa menjadi aktor bukan hanya penonton pengembangan KITB, ” harapnya. (nov)