Sejumlah Tebing Longsor

by
LONGSOR - Jalur Karanganyar - Lebakbarang kembali tertutup longsor pada Sabtu (12/2/2022) sore hingga Minggu (13/2/2022) siang.

**Karena Hujan Sejak Sabtu Sore

LEBAKBARANG – Hujan deras sejak Sabtu (12/2/2022) sore membuat sejumlah tebing di jalur pegunungan longsor. Material longsoran ini sempat menutup akses jalan. Berkat kerja keras warga, BPBD, TNI, Polri, pemda, dan relawan, akses jalan yang tertutup longsor bisa dilalui kendaraan, Minggu (13/2/2022) siang.

Salah satu ruas jalan yang tertutup longsor adalah jalur Karanganyar – Lebakbarang. Akibat jalan tertutup material longsoran tanah, batu, dan pohon membuat akses kendaraan tidak bisa dilalui.

Berdasarkan pantauan, Minggu (13/2/2022), sejak pukul 10.00 WIB, setidaknya ada 4 titik longsor dan masih dibersihkan oleh tim gabungan baik TNI, Polri, Bagana, BPBD, PMI, tim SAR Bumi Santri, Pramuka, dan masyarakat desa setempat.

Camat Lebakbarang, Paijal Imron, mengatakan, longsor terjadi disebabkan curah hujan tinggi sejak Sabtu siang. Pada Hari Sabtu itu ada 4 titik longsor. Pada Minggu Subuh, ada satu longsor lagi. Jadi, ada 5 titik longsor di jalur tersebut.

“Lokasinya tiga di wilayah Kecamatan Karanganyar, dan dua di wilayah Lebakbarang,” kata Camat Paijal Imron.

Dikatakan, adanya bencana tanah longsor ini membuat akses jalan utama Karanganyar-Lebakbarang lumpuh total.

“Titik yang terberat ada di wilayah Lolong, perbatasan antara Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Lebakbarang,” jelasnya.