Mambaul Hikmah Siap jadi Pesantren Bersinar Pertama di Jateng

by
TES URINE - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal lakukan tes urine puluhan santri PP Manbaul Hikmah secara acak untuk diteksi dini penyalahgunaan narkoba di kalangan santri.

*Puluhan Santrinya Dites Urine

KENDAL – Puluhan santri Pondok Pesantren Manbaul Hikmah di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, menjalani tes urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal, Selasa (8/2/2022), di pondok setempat. Hal itu dilakukan sebagai deteksi dini terhadap potensi penyalahgunaan narkoba. Terlebih, siswa juga mendapatkan sosialisasi terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kepala SMP Manbaul Hikmah, Rifqil Muslim mengatakan, bahwa tes urine dilakukan oleh BNNK Kendal kepada puluhan santri secara random sampling atau acak dengan pengambilan populasi dari kalangan santri dengan probabilitas yang sama. Sebanyak 75 santri baik putra dan putri yang menjalani tes urine. “Mereka diambil secara acak mulai dari SMP, SMK dan santri takhasus (murni mondok,red),” katanya.

Rifqil Muslim mengungkapkan, pelaksanaan tes urine ini untuk menunjukan para santri tidak ada yang terjerat narkotika dan sekaligus untuk menuju launching Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba Pondok Pesantren se Kabupaten Kendal yang nantinya bermuara pada Pondok Pesantren Bersih dari Narkoba (Pesantren Bersinar) yang akan diadakan dalam waktu dekat ini.

“Insya Allah Ponpes Bersinar ini akan jadi yang pertama di Jawa Tengah dan bahkan di Indonesia yang akan dilaunching di PP Manbaul Hikmah pada 16 Februari, mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Kendal, Anna Setiyawati mengatakan, pelaksanaan tes urine di pondok pesantren ini sebagai bentuk nyata sinergisitas BNNK Kendal dengan Pemkab Kendal bersama FKPP Kabupaten Kendal siap mewujudkan pondok Pesantren Bersinar. Launching Pesantren Bersinar akan menjadi yang pertama di Indonesia.