Berkah Pandemi, Fasilitas Edutoys Disperpuska Makin Lengkap

by
BERMAIN - Sejumlah pelajar asik bermain permainan edukatif yang disediakan oleh Disperpuska Kabupaten Batang

BATANG – Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak 2020 silam sempat membuat aktivitas layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Batang sempat lumpuh. Namun, momentum ini justru dimanfaatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) untuk memperbarui alat-alat permainan edukatif bagi pengunjung, khususnya anak-anak usia dini.

“Alasan lainnya karena waktu itu pandemi masih sangat tinggi, mengakibatkan kegiatan Perpustakaan Keliling terhenti untuk sementara waktu. Jadi anggaran untuk kegiatan tersebut dialihkan untuk pengadaan alat-alat permainan anak yang mengedukasi,” ujar Pustakawan Ahli Muda Disperpuska Batang, Sutiawati, Jumat (4/2/2022).

Ia menerangkan, sebelum dilakukan pembaharuan, jenis alat permainan masih belum beragam. “Beberapa tahun lalu alat permainannya sudah terlalu lama, maka timbullah inisiatif untuk memperbarui, apalagi makin banyaknya anak yang berkunjung ke sini kan,” jelasnya.

Maka di awal tahun 2020, Disperpuska melakukan renovasi ruangan yang dikhususkan bagi pengunjung anak, agar mereka makin nyaman dengan fasilitas yang beragam. “Ada buku-buku anak yang ditambah jenisnya dan ditambah alat-alat edukasi yang membuat mereka asyik bermain di situ,” tuturnya.

Menurut Tia, sapaan karibnya, pandemi ini membawa berkah tersendiri, karena dapat membenahi ruangan dan melengkapi sarana prasarana pendukungnya. “Kami membeli beberapa set alat edukasi dan permainan, buku-buku baik yang bisa dipinjam maupun yang hanya dibaca di ruangan, sehingga membuat anak-anak makin tertarik,” terangnya.