Jembatan Glotak Putus Diterjang Banjir

by -
PUTUS - Pondasi jembatan Glotak Desa Blimbingwuluh Kecamatan Siwalan putus akibat diterjang banjir.

**Jalan Terputus, Anak Sekolah Memutar 10 Km

SIWALAN – Jembatan Glotak Desa Blimbing wuluh Kecamatan Siwalan, Minggu (06/02/2022), putus diterjang banjir. Akibatnya warga sekitar yang hendak keluar mengalami kesulitan dan harus memutar dengan jalan 10 KM.

Informasi yang diperoleh, pondasi jembatan yang berumur ratusan tahun tersebut ambrol akibat diterjang banjir sekira pukul 14.30 wib. Saat itu wilayah Kabupaten Pekalongan dilanda hujan lebat seharian yang mengakibatkan banjir.

Sampah yang menyangkut di bagian bawah jembatan menyebabkan air tidak lancar sehingga ikut menarik jembatan panjang 70 meter dan lebar 2,5 meter.

Sekadar untuk diketahui, jembatan tersebut adalah satu-satunya penghubung antara dusun Blimbing Kulon dan dusun Wuluh Kulon. Tak hanya itu jembatan juga sebagai penghubung antar Desa dan jalur alternatif Kecamatan Sragi – Siwalan. Karena kondisi itu, untuk sementara jembatan ditutup penuh karena membahayakan bagi yang melintas.
Anak-anak desa yang bersekolah di SD N Wuluh 1, SD N Wuluh 2 dan SMP N 1 Siwalan terpaksa memutar sejauh lebih dari 10 km.

Kepala Desa Blimbing wuluh, Riyanto, kepada Radar, Minggu (06/02/2022), membenarkan putusnya jembatan Glotak. Kata dia, saat itu pondasi jembatan longsor dan kejadiannya terjadi pukul 14.30 wib. Untuk sekarang jembatan tidak bisa dilintasi.

“Jembatan sama sekali tidak bisa dilintasi karena putus, ” katanya.