50 Ribu Hektar Lahan Masih Kritis

by -
TANAM - DLH Kabupaten Batang lakukan penanan bibit kopi di Desa Deles Kecamatan Bawang.

*DLH Terus Upayakan Penghijauan

BATANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang terus berupaya melaksankan penghijauan. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi lahan kritis seluas 80 ribu hektar di empat kecamatan yaitu Bawang, Reban, Blado, dan Kecamatan Bandar.

DLH Batang mencatat, penghijauan yang selama ini dilakukan sudah berhasil menangani 30 hektar lahan kritis. Masih ada sekitar 50 hektar lahan lagi yang perlu dilakukan penanganan.

“80 ribu hektar masuk kategori lahan kritis. Penghijauan dengan tanaman tegakan ada sekitar 30 ribu hektar sudah tertangani. Sementara sisa lahan 50 ribu hektar secara bertahap dilakukan metode demplot,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang, A Handy Hakim usai melakukan penanaman bibit kopi di Desa Deles Kecamatan Bawang, beberapa waktu lalu.

Dejelaskanya, penanaman pohon berkayu keras dan tanaman tegakan untuk mengurangi luasan lahan kritis yang selama ini terus mengancam daerah atas yang menjadi daerah resapan air.

“Secara bertahap kita mulai melakukan penanan di lahan – lahan kritis di daerah atas. Ini kita lakukan karena daerah tangkapan air yang menjadi sumber air bawah tanah kita,” ungkapnya.