Jalur Lebakbarang Sudah Terbuka

oleh -
KENDARAAN BISA MELINTAS - Setelah dibuatkan jalan darurat, jalur Karanganyar - Lebakbarang sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

*Waspadai Longsor Susulan

LEBAKBARANG – Setelah terisolir beberapa hari karena Jembatan Jangkar di Desa Mendolo, Kecamatan Lebakbarang hancur dihajar longsor, akses jalur Karanganyar – Lebakbarang kembali terbuka. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah bisa melintasi jalur itu setelah pemda membuat jembatan darurat.

“DPU Kabupaten Pekalongan sudah membuat jalan darurat dengan memasang enam blok disamping Jembatan Mirah 1 (Jembatan Jangkar) yang putus, sehingga Jalan Raya Karanganyar – Lebakbarang sejak hari Jumat (28/1/2022), sudah bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan, Budi Raharjo, kemarin.

Untuk jalur Mendolo – Kutorembet yang tertutup longsor juga sudah ditangani dengan alat berat. Untuk listrik di Kecamatan Lebakbarang sejak malam itu juga sudah nyala kembali.

Rini (55), warga Lebakbarang mengaku bersyukur jalur utama Lebakbarang – Karanganyar sudah bisa dilalui, meskipun masih darurat. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja keras membersihkan material longsoran hingga membuka akses jalan yang sempat tertutup.

“Selama akses tidak bisa dilalui, usaha saya juga berhenti. Saya membuat aneka cemilan seperti sale, rengginang, keripik, dengan wilayah pemasaran sebagian besar di Karanganyar,” tutur dia.

Meski jalur ke pegunungan itu bisa dilalui, ia masih khawatir longsor susulan terjadi. Untuk itu, ia memasarkan produknya pada pagi hari, agar siang hari sudah bisa kembali ke Lebakbarang. “Saya biasanya cepat-cepat agar siang sudah bisa ke Lebakbarang. Kalau pulangnya kesorean takut hujan turun dan takut ada longsor lagi,” ungkap dia.