Tim Gabungan Bangun Jembatan Darurat

oleh -
LEPAS - Kapolres Pekalongan AKBP Dr Arief Fajar Satria didampingi Ketua Bhayangkari melepas bantuan logistik untuk korban tanah longsor di Kecamatan Lebakbarang.

**Bhayangkari Salurkan Bantuan Logistik

KAJEN – Untuk mempermudah akses jalan penghubung antar desa di Kecamatan Lebakbarang, tim gabungan membangun jembatan darurat. Upaya dilakukan di salah satu titik tanah longsor yang paling parah yakni, Dukuh Mendolo, Desa Mendolo, Kecamatan Lebakbarang.

Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria, kepada sejumlah wartawan di Mapolres menyampaikan, langkah penanganan bencana longsor sudah dilakukan oleh Tim Gabungan TNI, Polri, Pemkab.

”Alhamdulillah saat ini jembatan jangkar yang ambruk sudah kami buatkan jembatan darurat, namun hanya bisa dilewatii kendaraan roda dua,” katanya.

Dijelaskan, saat ini baru kendaraan roda dua yang lewat. Itupun harus bergantian karena lokasinya sangat sempit. Meskibegitu, keberadaan jembatan dadurat ini bisa membantu masyarakat sekitar yang ingin menuju ke luar daerah. Saat ini juga masih dilakukan perbaikan di akses jalan itu supaya bisa dilewati kendaraan roda empat.

Selanjutnya, Tim gabungan hingga sekarang juga masih melakukan pembukaan sejumlah askes jalan yang masih ditumpuki matrial longsor. Ada dua akses jalan yang sedang dikerjakan yakni di Dukuh Timbangsari, dan lokasi lain berada di atas dukuh tersebut.
“Semoga dengan dikerjakan bersama sama dan dibantu alat berat, proses pembukan sejumlah ruas jalan bisa secepatnya dilakukan,” terangnya.

Untuk data terakhir yang dihimpun tim Polres Pekalongan, ada sekitar 108 KK di Kecamatan Lebakbarang yang terdampak musibah tanah longsor. Warga tersebut masih membutuhkan bantuan logistk lantaran akses jalan untuk keluar daerah masih tertutup. Jika ingin bepergian, mereka harus berjalan kaki melewati matrial longsor yang menutupi jalan.