2.700 Naker Mulai Terserap Perusahaan

by -
Suprapto, Kepala Disnaker Batang

BATANG – Pengembangan dua kawasan industri di Kabupaten Batang mulai dirasakan dampaknya bagi keterserapan angkatan kerja di wilayah setempat. Sejauh ini, tercatat sudah 2.700 tenaga kerja (naker) yang sudah mulai terserap di sejumlah perusahaan baru yang ada di Batang.

Pemerintah Kabupaten Batang menyatakan hingga saat ini terdapat 7.147 masyarakat Kabupaten batang yang berminat mencari pekerjaan. Data tersebut berdasarkan aplikasi Batang Career milik Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat.

Menurut Kepala Disnaker Kabupaten Batang, Suprapto, bahwa jumlah pencari kerja itu dipastikan masih akan terus bertambah, seiring dengan akan berdirinya sejumlah perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Gringsing maupun Kawasan Industri Batang Industrial Park (BIP) di Tulis.

“Pasti akan terus bertambah. Namun mereka harus bersabar menunggu, karena pembangunan perusahaan perusahaan di KIT Batang itu kemungkinan baru akan dimulai pada tahun 2023 atau bahkan selebihnya,” ujarnya, Rabu (27/1/2022).

Ia mengatakan, pada aplikasi yang baru saja diluncurkan beberapa tahun lalu itu, sudah terdapat sembilan perusahaan yang ikut andil melakukan pencarian tenaga kerja asal Kabupaten Batang melalui aplikasi Batang Career.