Lebakbarang Masih Terisoloir

oleh -
DILALUI MOTOR - Polisi membantu pengendara motor melewati jalur darurat di Jembatan Jangkar yang putus akibat longsor, kemarin.

**Jalur Utama Baru Bisa Dilalui Motor
**Jalur Sisi Barat Masih Banyak Longsoran

LEBAKBARANG – Lebakbarang masih terisolir. Jalur utama Karanganyar – Lebakbarang, kemarin, terbuka sedikit dengan dibangunnya jembatan darurat. Hanya kendaraan roda dua bisa melintasi. Sedangkan kendaraan roda empat belum bisa lewat.

Sedangkan untuk jalur alternatif menuju Lebakbarang di sisi barat, yakni ruas jalur Lolong – Mendolo – Kutorembet belum sepenuhnya terbuka. Di sepanjang jalur jalan Desa Mendolo – Kutorembet sedikitnya masih ada delapan titik longsor yang belum dibersihkan karena butuh alat berat.

Jalur antar pedukuhan di Desa Mendolo, yakni akses warga Dukuh Krandegan ke Mendolo juga masih terputus total. Sebab, ada jalan dan jembatan desa yang hilang tersapu longsor dengan material pohon besar. Meski demikian warga Dukuh Krandegan tak terisolir. Karena ada akses ke luar yang tembus ke jalur utama Karanganyar – Lebakbarang. Yang kemarin jalannya sudah dibersihkan warga dengan TNI, sehingga bisa dilalui.

“Jalur Mendolo – Lolong sudah bisa dilalui. Kami bersama warga bergerak membersihkan material longsor tadi,” terang Kades Mendolo, Kaliri, kemarin.

Namun, lanjut dia, untuk akses dari Desa Mendolo ke Kutorembet belum bisa dilalui. Menurutnya, di sepanjang jalur itu sedikitnya ada delapan titik longsor. Untuk membersihkannya dibutuhkan alat berat.

Longsor juga menghancurkan jembatan dan jalan desa di desanya. Jembatan itu menghubungkan Dukuh Krandegan ke Mendolo.

“Akses warga Krandegan memang sempat terisolasi, tapi kemarin sudah tidak lagi. Di Krandegan ada sekitar 200 jiwa warganya. Akses Krandegan ke jalur utama Lebakbarang bisa dilalui setelah ada pembersihan jalan oleh TNI tadi. Akses Krandegan – Mendolo yang masih putus karena ada jembatan dan badan jalan hancur,” kata dia.