Lebakbarang Terisolir 2 Hari

oleh -
JEMBATAN PUTUS - Jembatan Jangkar di jalur utama Karanganyar - Lebakbarang di Desa Mendolo, Kecamatan Lebakbarang, hilang tersapu longsor.

*Jalur Karanganyar – Lebakbarang Putus
*Jembatan Kali Jangkar Tersapu Longsor

LEBAKBARANG – Bencana longsor kembali menghajar jalur utama menuju Kecamatan Lebakbarang dari arah Karanganyar. Jembatan Kali Jangkar hilang tersapu longsor. Akses ke 11 desa di wilayah pegunungan itu sempat terputus total sejak Selasa (26/1/2022) sore hingga Rabu (27/1/2022) siang.

Guna membuka akses warga, aparat gabungan dari TNI, Polri, BPBD, relawan PMI, Perhutani, pihak kecamatan, dan warga sekitar bahu membahu membersihkan material longsor dan pohon tumbang. Selanjutnya, dibuat jalan darurat di atas reruntuhan longsor agar sepeda motor bisa lewat. Dengan kerja keras, sekitar pukul 13.00 WIB, akses darurat untuk jalur sepeda motor selesai dibuat. Namun penggunanya harus hati-hati dan waspada dengan potensi longsor susulan.

Berdasarkan pantauan Radar, kemarin pagi, dua pohon besar tumbang di Desa Lolong. Aparat gabungan Polsek Karanganyar, Koramil Karanganyar, dan pemerintah desa setempat membersihkan pohon besar yang tutup akses jalan tersebut.

Longsor terparah terjadi di Kali Jangkar, atau sekitar 500 meter ke arah selatan dari tugu tapal batas Karanganyar – Lebakbarang. Badan jembatan lenyap tersapu longsor. Pohon-pohon berukuran besar tampak menumpuk di tengah jalan. Bahu jalan pun ada yang hilang ke arah lembah sedalam puluhan meter.

Akses ke Lebakbarang melalui jalur itu terputus total. Tak heran, pada Selasa malam, sejumlah warga Lebakbarang menginap di balai desa Lolong karena tidak bisa pulang.