Masyarakat Diminta Waspadai Bencana

oleh -
BENCANA - Sejumlah tim gabungan tengah melakukan evakuasi material longsoran di daerah dataran tinggi Kota Santri.

**Pasca Hujan Deras

KAJEN – Hujan lebat beberapa hari terakhir membuat sejumlah wilayah Kabupaten Pekalongan dilanda bencana longsor dan banjir. Untuk itu masyarakat diminta waspada akan bencana susulan.

Hal itu disampaikan Kasubsi PIDM Sihumas Ipda Tamerin, kemarin. Kata dia, sejumlah wilayah di Kabupaten Pekalongan rawan akan timbulnya bencana tanah longsor dan banjir.

“Dataran tinggi tersebut berpotensi longsor, sedangkan daerah bawah rawan banjir, ” katanya.

Ipda Tamerin pun menyebutkan, ada beberapa wilayah di Kabupaten Pekalongan yang berpotensi terjadi bencana longsor dan pohon tumbang. Meliputi, Kecamatan Lebakbarang, Petungkriono, Paninggaran, Kandangserang, Doro dan Talun.

Selain longsor, bencana banjir dan pohon tumbang juga harus diwaspadai. Mengingat, beberapa wilayah kerap dilanda banjir seperti Kecamatan Siwalan, Wonokerto dan Sragi.

Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat agar berhati-hati saat hujan turun. Segera lapor jika terjadi sesuatu hal yang membahayakan.

“Untuk mengantisipasi dan deteksi dini terjadinya banjir maupun longsor, dalam hal ini anggota Bhabinkamtibmas terus mengecek setiap desa binaannya masing-masing, terutama yang terdapat sungai atau rumah warga yang berada di lereng perbukitan, untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya korban bencana alam, ” imbuhnya. (Yon)