Kunjungi Kota Santri, Mensos Cek Korban Banjir

oleh -
JEMUR BUKU - Mensos Tri Rismaharini melihat buku yang dijemur di teras rumah warga di Kranji, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan paska banjir di kawasan itu, kemarin.

TINJAU PETUNGKRIYONO

Menteri Sosial Tri Rismaharini siang itu juga meninjau lokasi longsor di kawasan pegunungan bagian selatan Kabupaten Pekalongan. Akibat terjangan banjir dan longsor membuat akses jalan utama Doro – Petungkriyono sempat terputus.

Tiba di lokasi bencana, Mensos menggelar pertemuan dengan para pemangku kepentingan di Kantor Kecamatan Petungkriyono. Hadir menyambut Mensos, Camat Hadi Surono, Sekretaris Daerah Yulian Akbar, dan Wakil Bupati Riswadi.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos mendengarkan perkembangan penanganan bencana dan kemungkinan dukungan yang bisa diberikan Kementerian Sosial. Saat ini aparat gabungan termasuk TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana), masih terus bekerja melakukan evakuasi material longsor berupa batu, lumpur, dan kayu.

Kepada Mensos, Sekda Yulian Akbar menyatakan sudah mengerahkan peralatan berat sebanyak dua unit. “Kemensos akan membantu dengan menambah satu unit alat berat lagi untuk mempercepat evakuasi material longsor. Dengan demikian diharapkan normalisasi akses jalan bisa berjalan lebih cepat,” kata Mensos dalam kesempatan itu.

Saat rombongan Mensos tiba, kondisi jalan sudah lebih baik. Sebagian material longsor telah disingkirkan dan telah membuka ruang bagi lalu lintas kendaraan baik roda dua maupun roda empat.