Ada Merk Minyak Goreng Berharga Tinggi

by
CEK HARGA - Sidak ke toko di wilayah Weleri, Bupati Kendal Dico M Ganinduto pastikan stok aman dan harga minyak goreng kemasan dijual sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat.

*Ditemui di Toko, Karena Belum Diajukan

KENDAL – Tidak semua merk minyak goreng yang dijual di toko modern anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dipatok satu harga sesuai kebijakan pemerintah yakni Rp 14 ribu per 1 liter dan Rp 28 ribu per 2 liternya. Hal itu terpantau saat Bupati Kendal bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM melakukan sidak di sebuah toko besar di Weleri, Selasa (25/1/2022).

Dalam sidak tersebut, Bupati mendapati satu dari dua merk minyak goreng yang dipajang dirak etalase harganya masih jauh di atas harga yang ditetapkan pemerintah, yakni merk Tawon. Hal itu karena pihak pengelola toko belum melakukan pengajuan minyak goreng kemasan tersebut ke perusahaan untuk bisa mendapatkan satu harga.

Sementara satu merk lainnya, yakni Sania sudah dijual Rp14 ribu/liter dan Rp28 ribu per 2 liter. “Betul, masih ada minyak goreng kemasan merk lain yang dijual harganya tinggi. Karena harus dilakukan pengajuan dulu. Yang sudah kami ajukan minyak goreng kemasan merk Sania. Sehingga sudah satu harga sesuai kebijakan dari pemerintah. Yakni 1 liternya harganya Rp 14 ribu dan per 2 liternya harganya Rp 28 ribu. Masyarakat yang beli dibatasi maksimal beli 2,” kata Arina, Bagian Administrasi Toko Sami Jaya Weleri.

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, sidak tersebut untuk mengetahui stok minyak goreng kemasan aman dan harganya sudah sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat atau belum. Tak hanya itu, Bupati bersama dinas terkait akan terus melakukan pengecekan harga ke toko-toko lainnya dan bahkan hingga ke tingkat pedagang di pasar tradisional.

“Di pengecekan harga di toko ini sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah. Tadi ada minyak goreng merk Sania dibandrol harga Rp 14 ribu per 1 liter dan Rp 28 ribu per 2 liter. Keterangan dari pengelola, pembeliannya pun di sini dibatasi tidak boleh borong,” katanya.