WHO Sebut Omicron Membuat Fase Baru untuk Akhiri Pandemi

by
Varian Omicron/Net

Prediksi menggembirakan disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai pandemi Covid-19. Disebutkan varian Omicron akan membuat fase baru Covid-19 dan mengakhiri pandemi, setidaknya di Eropa.

“Setelah gelombang Omicron melanda Eropa dan saat ini mereda, akan ada beberapa minggu dan beberapa bulan terjadi kekebalan global. Baik karena vaksin atau karena orang-orang yang memiliki kekebalan setelah terinfeksi,” ungkapnya Direktur WHO Eropa, Hans Klunge, dikutip dari South China Morning Post, Senin 24 Januari 2022.

Ia mengatakan, wilayah Eropa mulai bergerak menuju akhir pandemi. “Jadi kita antisipasi akan ada masa tenang sebelum Covid-19 kembali menjelang akhir tahun, tapi belum tentu pandemi kembali,” tambah Kluge.

Ia meyakini bukan hanya Eropa yang akan mengalami penurunan, tapi di seluruh negara. Sejumlah penelitian menyebutkan varian Omicron lebih cepat menular, tapi lebih ringan gejalanya ketimbang varian Delta. Hal ini menimbulkan harapan jika Covid-19 akan berubah dari pandemi menjadi endemi yang lebih mudah diatasi.

“Ada banyak pembicaraan mengenai endemik… karena endemik, sangat mungkin memprediksi apa yang akan terjadi berikutnya. Virus ini benar-benar mengejutkan kami, kita harus sangat berhati-hati,” ujar Klunge.

Kendati lebih gejalanya lebih ringan, ia mengimbau semua orang untuk tetap patuh dan bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan orang lain. Karena tak tertutup kemungkinan ada varian lain yang akan muncul. Maka itu, semua orang diharap tetap waspada dan mawas diri.

“Jika tidak enak badan, tetap di rumah. Jika positif, isolasi,” ujarnya. (ngopibareng)