Awas Longsor Susulan!

by
BISA DILEWATI - Jalur Kroyakan - Petungkriyono yang sempat tertutup longsor sudah bisa dilewati.

Sementara itu, paska longsor yang terjadi beberapa hari lalu di wilayah Kecamatan Lebakbarang, tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, relawan, dan masyarakat sekitar, Jumat siang itu juga berhasil membuka beberapa titik longsor, sehingga bisa dilalui masyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, Jumat (21/1/2022).
“Alhamdulillah satu dari tiga titik longsor terparah di wilayah Kecamatan Lebakbarang sudah berhasil dibuka oleh tim gabungan. Sedangkan sisanya, dua titik longsor diperkirakan hari ini juga bisa dibuka kembali untuk aktivitas masyarakat,” ujar AKBP Arief.

Namun demikian, Kapolres meminta kepada masyarakat maupun pengguna jalan yang akan melintas di wilayah Lebakbarang untuk berhati-hati. Pasalnya, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan jika hujan kembali turun dengan intensitas tinggi dan lama.

“Kami khawatir hujan turun lagi dengan intensitas tinggi dan lama. Yang berdampak akan adanya longsor susulan di lokasi longsor tadi,” kata AKBP Arief.

Dikatakan, penyebab longsor di wilayah Lebakbarang ini selain dari hujan dengan intensitas tinggi yang turun di hari sebelumnya, kondisi tanah tebing sudah dalam keadaan rapuh.