Sering Kebanjiran, Lapas Pekalongan Usulkan Peninggian

by
MASIH TERGENANG - Kondisi Lapas Pekalongan pada Jumat (21/1/2022) masih tergenang banjir.

KOTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan selama ini selalu menjadi langganan banjir. Baik itu banjir akibat hujan deras maupun akibat rob.

Sebagaimana yang terjadi pada Kamis (20/1/2022). Halaman dan sejumlah ruangan lapas tersebut tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 22 cm. Bahkan sampai dengan Jumat (21/1/2022), banjir juga masih menggenang, meski sudah agak surut dibanding sehari sebelumnya.

Sejak beberapa tahun lalu sempat ada rencana untuk merelokasi Lapas Pekalongan ke daerah Kajen, Kabupaten Pekalongan. Namun rencana tersebut sampai saat ini belum bisa terwujud.

Kalapas Pekalongan Imam Purwanto menyampaikan, banjir yang terjadi sejak kemarin itu berdampak pada kamar hunian WBP di Blok A terendam air dengan ketinggian air 5 cm. “Untuk seluruh WBP di kamar tersebut sejumlah 3 orang sudah kami evakuasi ke kamar hunian yang aman dari banjir,” ungkapnya, Jumat (21/1/2022).

Adapun kamar hunian WBP di blok lainnya masih relatif aman dari banjir karena sudah dilakukan peninggian lantai. Selain itu, ruang kantor staf administrasi, dapur, poliklinik dan perpustakaan juga masih relatif aman dari banjir.

Imam menyebutkan berbagai upaya preventif dilakukan. Ia rapatkan seluruh jajaran untuk mencari titik-titik yang menjadi sumber atau sumbatan. “Nantinya kita akan tutup, dan di sebelah kiri Lapas akan kami siapkan pompa untuk mengeluarkan atau membuang air banjir,” terang Imam.