Tim Medis Puskesmas Tirto Beri Layanan Kesehatan di Pengungsian

by
CEK KESEHATAN - Tim medis dari Puskesmas Tirto memberikan layanan kesehatan kepada pengungsi dari Kelurahan Tirto di pengungsian Musala Al Hikmah.

KOTA – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak banjir di pengungsian. Salah satunya dilakukan tim dri Puskesmas Tirto yang memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kondisi kesehatan dan pemberian obat kepada warga Kampung Baru RT 4 RW 8 yang mengungsi di Musala Al-Hikmah Tirto, Kamis (20/1/2022).

Tim medis dari Puskesmas Tirto mendatangi tempat pengungsian warga untuk memberikan layanan kesehatan kepada pengungsi yang berjumlah 40 orang dan didominasi bayi, balita, perempuan, serta lansia.

Petugas Sanitasi Lingkungan, Rinto, didampingi petugas medis Puskesmas Tirto mengungkapkan bahwa tim medis Puskesmas Tirto memberikan pelayanan kesehatan berupa Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) untuk warga yang terdampak banjir dan mengungsi di Mushola Al-Hikmah Tirto. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para pengungsi baik-baik saja dan mencegah munculnya penyakit yang lebih parah yang timbul akibat banjir.

“Layanan kesehatan P3K yang kami berikan pada hari ini meliputi pemeriksaan penyakit pasca banjir seperti batuk, pilek, nyeri, gatal-gatal, pengecekan tensi, dan sebagainya. Kami juga memberikan sejumlah vitamin dan obat-obatan sesuai keluhan para pengungsi,” tutur Rinto.

Menurut Rinto, setelah dilakukan pengecekan kesehatan sejauh ini kondisi kesehatan pengungsi di Mushola Al-Hikmah Tirto cukup baik. Pihaknya berpesan kepada para pengungsi agar tetap menjaga kesehatan dan protokol kesehatan secara ketat selama musim penghujan ini berlangsung. Selain memberikan layanan pengecekan kesehatan, dan obat-obatan gratis, tim medis juga menyalurkan bantuan biskuit bayi.