Ada 15 Lokasi Longsor

by
AKSES TERTUTUP - Jalur utama menuju ke Kecamatan Lebakbarang dari arah Karanganyar masih tertutup longsor hingga kemarin.

“Karena longsoran yang terjadi sejak kemarin sore itu sudah dikoordinasikan dengan pemkab untuk minta alat berat belum bisa dipenuhi sehubungan dengan adanya kendala teknis, maka dari Forkompincam inisiatif mengajak warga untuk membersihkan longsoran dengan target untuk bisa dilalui sepeda motor terlebih dahulu. Ini untuk membuka akses. Kita juga tadi dapat bantuan personel dari BPBD,” katanya.

Tiga titik longsor di jalur utama itu sudah bisa dibuka untuk jalur sepeda motor. Namun jalur tersebut belum bisa dilalui karena masih ada satu titik longsor yang skalanya besar.

“Ada pohon besar berdiameter lebih dari 1 meter. Pohon ini melintang jalan di atas pertigaan menuju Bantarkulon. Ini belum bisa dibuka,” ungkap dia.

Longsor juga terjadi di beberapa titik di desa. Di antaranya di Desa Bantarkulon, Kapundutan, Sidomulyo, Timbangsari, Depok, Wonosido, dan Tembelanggung.

“Itu banyak, kemungkinan lebih dari 15 titik. Yang terparah adalah yang menimpa salah satu rumah warga di Timbangsari. Saya sudah minta rumah itu untuk dikosongkan,” ujar dia.

Selain itu, longsor juga merusak dinding bangunan SD. Yakni di SDN 04 Sidomulyo. “Dari hasil koordinasi dengan korwil pendidikan Lebakbarang, satu SD di Sidomulyo kena longsor dan temboknya jebol. Kondisi gedung masih baru atau belum lama diperbaiki, dan ini terpisah dari gedung-gedung yang lain. Sehingga kerusakan hanya di satu unit ruangan itu saja dan tidak ada kerusakan sarpras yang lain,” kata dia.