Seratus Lebih Warga Mengungsi

by
MENGUNGSI - Puluhan warga terpaksa mengungsi di Gedung Serbaguna Sampangan, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur akibat rumahnya terendam banjir, Kamis (20/1/2022) pagi.

*Banjir Kota Pekalongan

KOTA – Banjir kembali menggenangi sejumlah permukiman di Kota Pekalongan, Kamis (20/1/2022). Kondisi ini memaksa seratus orang lebih warga di beberapa kelurahan yang rumahnya terendam mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Sejak Rabu (19/1/2022) malam hingga hingga Kamis (20/1/2022) pagi, BPBD Kota Pekalongan melaporkan sudah ada 116 orang warga Kota Pekalongan yang mengungsi di sejumlah titik-titik pengungsian diantaranya Mushola Al-Hikmah Kelurahan Tirto sebanyak 29 jiwa, Mushola Baiturrohman Kelurahan Bendan Kergon 20 jiwa, SDI Baitussalam Pesindon Kelurahan Bendan Kergon sebanyak 9 jiwa, 49 jiwa mengungsi di Gedung Serbaguna Sampangan, Kelurahan Kauman, 9 jiwa mengungsi di Gedung Pemuda Pancasila Sampangan, Kelurahan Kauman.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pekalongan Dimas Arga Yudha menjelaskan bahwa banjir kali ini selain disebabkan oleh hujan dengan intensitas sedang sejak Rabu petang hingga Kamis dini hari di Kota Pekalongan, juga karena hujan deras terjadi di wilayah hulu khususnya Sungai Loji yang menyebabkan kiriman air dari atas melimpas hingga menggenangi permukiman warga yang berada di bantaran sungai.

Permukiman yang tergenang banjir antara lain di Sampangan Gg 5, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur; wilayah Pesindon, Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat; wilayah Kampung Bugisan, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara; Pasirsari Kelurahan Pasirkratonkramat; dan Kampung Baru, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat.

Dari dampak intensitas hujan yang terjadi di Kota Pekalongan, air juga masuk menggenangi drainase yang bermuara pada Sungai Bremi dan daya tampung sungai tersebut tidak muat. “Sehingga menyebabkan limpasan dan air menggenangi permukiman masyarakat Tirto dan Pasirsari, Kecamatan Pekalongan Barat,” tutur Dimas.