837 Pekerja PTPN IX Terdampak KITB

by
TEKEN KERJASAMA - Direktur PT PN IX, Dody Ristiawan dan Bupati Batang Wihaji berfoto bersama usai menandatangani nota kesepakatan.

*PTPN-Pemkab Batang Sepakat Bantu Upgrade Kompetensi

BATANG – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang dalam hal peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) para pekerjanya.

Direktur PTPN IX, Dody Ristiawan mengatakan, ada sebenyak 837 pekerjanya yang terdampak pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Sebab, total ada 3.600 hektar lahan PTPN yang menjadi kawasan industri.

“Mereka itu menjadi ujung tombak pemeliharaan tanaman perkebunan dan akan terdampak di 3.600 hektar KITB. Dan semuanya warga Batang,” katanya di Aula Pemkab Batang, Kamis (20/1/2022).

Hal itulah yang membuat pihaknya menjalin kerjasama dengan Pemkab Batang. Dody menyebut perlu sinergi untuk membuat SDM pekerjanya bisa ambil bagian dalam hadirnya KITB. Ia akan ‘upskilling’ atau meningkatkan keterampilan sesuai kebutuhan industri. “Nanti kami upskilling kompetensinya, sehingga bisa masuk dan terserap di bisnis-bisnis baru di KITB,” jelas Dody.

Ia mengatakan dalam kawasan akan ada Balai Latihan Kerja (BLK) Pemkab Batang. Pihaknya sudah ‘mengendorse’ agar pekerjanya yang terdampak KITB bisa dilatih.