Truk Rem Blong Tabrak 6 Mobil dan 14 Motor, Lima Tewas, 13 Orang Terluka

by
Detik-detik kecelakaan maut, truk yang mengalami rem blong menabrak sejumlah mobil dan motor. Screenshot/istimewa

Sebuah tayangan video amatir yang menampilkan kecelakaan beruntun di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur langsung viral di media sosial.

Peristiwa itu sangat mengerikan, karena truk trailer dengan kecepatan tinggi menabrak sejumlah pengguna lalu lintas lainnya yang tengah antre di sebuah traffic light.

Akibat kecelakaan maut itu, lima orang dikabarkan meninggal dunia, seorang korban kritis, dan 13 lainnya terluka. Kecelakaan beruntun itu terjadi di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1), sekitar pukul 06.00 WIT.

Data Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim menyebutkan korban meninggal sampai saat ini sudah berjumlah lima orang. Sementara empat orang lainnya mengalami luka berat dan sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Sonny Irawan mengatakan kecelakaan diduga dipicu lantaran rem truk trailer blong. Truk kontainer KT 8543 AJ yang dikemudikan MA (48) itu berangkat dari parkiran di Jalan Pulau Balang KM 13 sekitar pukul 05.00 pagi.

Rencananya, truk akan mengirim kapur pembersih seberat 20 ton ke daerah Kampung Baru, Balikpapan Barat. Akan tetapi, rem sudah tidak berfungsi saat truk trailer sampai di depan Bank Mandiri Muara Rapak.

“Kemudian truk meluncur tak terkendali dan menabrak kendaraan yang ada di depannya,” terang Kombes Sonny Irawan.

Saat ini, pengemudi truk trailer sudah diamankan. Berdasarkan video yang diterima PojokSatu.id, kecelakaan maut itu terjadi di sebuah persimpangan dengan traffic light yang tengah menyala merah.

Sementara sejumlah kendaraan roda empat dan dua berhenti di traffic light tersebut. Di belakang, sebuah truk trailer malaju dengan cukup kencang dan terlihat tak mengurangi kecepatan.

Akibatnya, sejumlah kendaraan yang ada di depannya pun langsung diterjang. Saking kerasnya benturan, sejumlah kendaraan itu sampai terseret puluhan meter.

Sementara truk trailer tersebut masih terus melaju kencang. Dalam kecelakaan itu, total ada enam kendaraan roda empat dan 14 kendaraan roda dua ditabrak truk trailer tersebut. (dbs/zul)