Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Gelontorkan Rp3 Milyar Perbaiki Delapan Puskesmas

by
Bupati Batang didampingi anggota Forkopimda dan Muspika Kecamatan Gringsing saat meresmikan rehab Puskesmas Gringsing 1.

BATANG – Permudah layanan kesehatan, Pemkab Batang menggelontorkan dana hingga Rp3 Milyar. Dana tersebut digunakan untuk revitalisasi delapan Puskesmas yang ada di Batang.

Salah satunya seperti revitalisasi Puskemas Gringsing 01 yang diresmikan, Rabu (19/1/2022).
Revitalisasi Puskesmas Gringsing 1 karena gedung administrasi dengan gedung rawat inap terpisah oleh jalan pantura Gringsing. Hal itu tidak hanya menyulitkan petugas kesehatan tapi juga membahayakan keselamatan bagi pasien.

“Puskesmas Gringsing ini problem lama, karena gedung rawat inap dengan gedung administrasi terpisah yang sudah lama divisualkan,” kata Bupati Batang Wihaji usai peresmian Gedung Puskesmas Rawat Inap Gringsing 1, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Rabu (19/1/2022).

Diterangkan, Renovasi Puskesmas Gringsing 1 sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, 2019 dan 2021.

“Alhamdulilah sudah jadi, ini akan menambah perbaikan dan mempermudah layanan dasar kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Selain Puskesmas Gringsing 1, ada tujuh Puskesmas yang mendapatkan anggaran revitalisasi. Seperti Puskesmas Batang 3, Pembangunan IPAL Puskesmas Rawat Inap Subah, Puskesmas Reban, Puskesmas Bandar 2, Puskesmas Tersono dan Puskesmas Warungasem.

“Total pembangunan semua nilainya ada sekitar Rp3 miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Insentif Daerah (DID),” terangnya.

Berdirinya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang berada di Kecamatan Gringsing. Wihaji menyatakan dalam kawasan tersebut akan berdiri rumah sakit, karena akan ada penambahan jumlah penduduk dari berbagai daerah.

“Di dalam masterplant KITB sudah ada rumah sakit. Terpenting saat ini kita masih fokus Puskesmas dulu untuk melayani masyarakat,” pungkasnya. (nov)