Kembali Level 1, Tolong Masker Jangan Dilepas

by
TINJAU - Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang digelar di Tirto Arum Baru Kendal.

KENDAL – Sempat turun ke level 2, Kabupaten Kendal akhirnya kembali masuk status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Hal ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2022 tertanggal 18 Januari 2022. Dengan status ini, masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker saat ke luar rumah.

Adapun terkait adanya varian Covid-19 jenis omicron yang semakin meningkat di kota-kota besar seperti Jakarta, masyarakat supaya tetap tenang dan tidak perlu panik. Yang penting selalu mematuhi protokol, sehingga kegiatan perekonomian tetap lancar dan aman.

“Varian omicron yang sekarang sedang tinggi di Jakarta, ini tidak perlu panik, karena memang tidak terlalu membahayakan, tetapi kita hanya fokus terhadap protokol kesehatan. Jadi kita harus balance ekonomi dengan kesehatan, tetap berjalan semua kegiatan, tetapi protokol kesehatan tetap menjadi nomor satu,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat meninjau vaksinasi anak di Tirto Arum Baru Kendal, Rabu (19/1/2022).

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Parno mengatakan, Kabupaten Kendal kembali ke PPKM level 1, karena persyaratannya sudah terpenuhi, yaitu pencapaian vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua, juga vaksinasi lanjut usia sudah melebihi target yang ditentukan. Pelaksanaan tes swab antigen setiap hari juga sudah di atas persyaratan yang ditentukan, termasuk penelusuran atau tracing Covid-19.

“Agar tidak kembali lagi ke PPKM level 2, akan terus dilakukan vaksinasi, kemudian testing dan tracing kita jaga setiap harinya, supaya kita tetep berada di level 1,” katanya.