Petungkriyono Kian Terisolasi

oleh -
JALAN DAN JEMBATAN PUTUS: Jalan dan jembatan di Sokokembang putus dihajar air bah. Warga dan tim dievakuasi dengan menyeberangi alur sungai baru yang terbentuk setelah dipastikan arusnya tidak deras dan hujan reda.

**Longsor Susulan Hajar Jalan dan Jembatan

PETUNGKRIYONO – Akses ke Petungkriyono dari jalur Doro – Kroyakan – Petungkriyono terputus total, Rabu (19/1/2022) siang. Jembatan dan jalan di Dukuh Sokokembang, Desa Kayupuring, tepat di dekat musala terputus akibat dihajar banjir air bah yang membawa material batu, pohon, dan tunggak, dan material lainnya.

Akses terputus lainnya ada di Jembatan Tinalum yang sehari sebelumnya sudah longsor. Akibat hujan deras, air bah kembali menghajar jalur itu. Sehingga tidak bisa dilalui.

Akibatnya puluhan warga dan tim evakuasi yang dipimpin Kapolres AKBP Arief Fajar Satria, didampingi Camat Petungkriyono Hadi Surono, Danramil, dan Kapolsek ikut terjebak di sekitar musala Sokokembang. Akses ke atas terputus di Jembatan Tinalum. Akses ke bawah terputus di sungai baru yang terbentuk di bawah musala tersebut.

Tim evakuasi gabungan TNI, Polri, BPBD, PMI, Perhutani, dan warga, dipimpin Kapolres sejak pagi berupaya membersihkan material longsor yang menutup akses jalan di sepanjang jalur Kroyakan – Kayupuring. Sedikitnya ada lima titik longsor di sepanjang jalur itu pada Selasa (18/1/2022) sore. Hingga kemarin siang, tim dengan bantuan alat berat sudah membersihkan empat titik longsor.

Masih ada satu titik lagi di Jembatan Tinalum. Karena di lokasi itu banyak tunggak dan pohon berukuran besar sehingga sulit disingkirkan dengan alat berat.

Hingga pukul 11. 00 WIB, sepeda motor sudah mulai melintasi jalur itu. Namun, sekitar pukul 11.30 WIB, hujan mulai mengguyur wilayah pegunungan tersebut. Hujan pun kian deras dan tak kunjung reda. Akibatnya, sungai kecil di sebelah barat musala Sokokembang diterjang banjir bah hingga membentuk alur baru yang arusnya mengalir di atas jalan dan jembatan.

Akibat intensitas hujan tinggi dan lama, banjir air bah pun menyapu jalan dan jembatan hingga putus.