Potensi Longsor Susulan Masih Mengancam

by -
Ulul Azmi, Kalak BPBD Batang

*Bongkahan Tanah Terus Berjatuhan

BATANG – Bencana tanah longsor susulan di lokasi longsor Pranten-Rejosari masih berpotensi terjadi, seiring intensitas hujan masih tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Batang.

Diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, bahwa hingga saat ini masih terlihat guguran guguran tanah berjatuhan di lokasi longsor, sehingga membahayakan bagi masyarakat.

“Ya, guguran tanah masih terus terlihat di lokasi longsor, dan mahkota longsor belum seluruhnya jatuh. Sehingga potensi longsor besar masih bisa terjadi,” ujarnya, Selasa (18/1/2022).

Masih adanya potensi longsor susulan itu, kata Ulul, maka pemerintah hingga saat ini belum mengambil upaya mitigasi teknis seperti yang direkomendasikan oleh Dinas ESDM Provisni Jawa Tengah.

“Ya, sebenarnya sudah ada rencana mitigasi teknis, seperti membersihkan material longsoran yang menutup jalan, membuat jembatan darurat, dan memperbaiki pipa air bersih milik masyarakat,” katanya.

Namun demikian, langkah tersebut akan dilakukan setelah kondisi memungkinan atau tidak ada longsor susulan. Sebab saat ini diprediksi masih ada ancaman longsor susulan.

“Adapun untuk mitigasi vegetasi, kita disarankan untuk menanam tanaman penguat tebing dengan tanaman tegakan untuk penguat tebing. Karena kondisi tanah labil yang sejak dahulu sering terjadi tanah longsor,” ungkap Ulul.