Disperindagkop Perluas Digitalisasi UMKM Batang

by
Subiyanto, Kepala Disperindagkop Batang

BATANG – Disperidagkop dan UKM Batang berkomitmen untuk mendukung UMKM Batang naik kelas. Salah satunya dengan memperluas pasar digital bagi UMKM.

“Perlahan kami rambah pasar digital. Di awal bersama tim kami, dimulai dengan media Instagram yang banyak digunakan masyarakat. Saat ini kami mengembangkan website dan nantinya akan kami kembangkan agar ada aplikasi penjualan khusus UMKM Batang,” ujar Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto.

Dikatakannya, hal ini juga menjadi bagian dari penyesuaian atas kemajuan zaman. Sehingga pihaknya berharap bisa mendukung UMKM naik kelas dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Ia berharap nantinya aplikasi dan website khusus ini bisa segera dirilis, sehingga mampu mendukung pemasaran produk UMKM Batang. “Sekarang penjualan itu banyak medianya. Sehingga kita harus menangkap peluang dan potensi dari berbagai sarana penjualan itu. Termasuk dari sektor digital,” jelasnya.

Saat ini sudah ada berbagai program yang menjadi inovasi Disperindagkop dan UKM Batang. Seperti dengan kehadiran klinik bisnis UMKM juga terus mendampingi pelaku UMKM. “Di sini UMKM bisa mengurus B terkait perizinan, sertifikasi halal, pemasaran produk di toko modern, ekspor produk, BPUM dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga turut memberikan wadah promosi gratis bagi para pelaku UMKM melalui akun Instagram cinta produk Batang. Disperindagkop dan UKM turut memfasilitasi pemotretan foto produk dan juga memberikan layanan desain grafis secara cuma-cuma.

“Semua layanan yang ada di Klinik Bisnis ini kami lakukan sebagai upaya agar UMKM Batang dapat naik kelas. Sehingga ke depannya produk lokal Batang dapat semakin menjangkau pasar yang lebih luas,” pungkasnya. (nov)