Bupati Warning Toko Ritel Modern

by
LAYANI PEMBELI - Pegawai Alafamidi tengah melayani masyarakat yang akan membeli produk pertanian, berupa buah semangka.

*Akan Ditutup Jika Tak Beri Ruang UMKM
*Alfamidi Siap Tampung Produk UMKM

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menyampaikan komitmennya untuk memberpihaki UMKM lokal, termasuk menyangkut kemudahan akses produknya ke toko-toko ritel modern yang ada di wilayahnya. Bahkan, Pemkab siap menutup minimarket yang terbukti tidak memberi ruang bagi UMKM.

Warning itu disampaikan langsung oleh Bupati Batang, Wihaji, menyikapi semakin menjamurnya pertumbuhan retail modern di Batang, khususnya pasca terbitnya perubahan Perda yang mengakomodir pendirian toko modern.

“Retail retail modern yang ada di Batang harus melibatkan teman teman UMKM, kalau tidak melakukan hal itu, maka akan saya tutup,” tegas Bupati Wihaji, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, pendirian retail modern di wilayahnya harus dibarengi dengan manfaat yang semestinya diperoleh masyarakat, yakni keterlibatan UMKM di dalamnya.

“Ya, harus bermanfaat bagi masyarakat. Maka, mereka harus melibatkan UMKM. Hal itu sudah menjadi kewajiban dan keharusan, dan saya serius. Kalau tidak melibatkan teman teman UMKM, silahkan cek kemudian bilang kepada saya, maka akan saya tutup,” tukas Wihaji.

Sementara itu, Branch Manager Alfamidi Jateng-D.I.Yogyakarta, Widodo mengatakan, bahwa pihaknya siap memberikan ruang yang lebar bagi produk UMKM lokal, yang bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Batang.