Aplikasi Buatan Maman Permudah Ujian

by
TUNJUKKAN - Guru SMK Gondang Wonopringgo, Maman Sulaeman saat menunjukkan piagam dan trophy penghargaan anugerah SATU Indonesia.

*Meski Tanpa Sinyal dan Kuota

BATANG – Di tengah keterbatasan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) beberapa waktu lalu semakin menempa kreativitas Maman Sulaeman. Prihatin dengan nasib siswanya yang berada di pelosok, Guru SMK Gondang Wonopringgo tersebut membuat aplikasi ujian tanpa sinyal dan kuota.

Dengan aplikasi ini, para siswanya dapat mengerjakan ujian lebih mudah. Selain dapat dikerjakan dimana saja, aplikasi ini pun dilengkapi dengan pengaturan waktu, sehingga bisa diakses secara real time.

“Ini sebagai solusi siswa ujian di tengah pembelajaran jarak jauh (PJJ). Saat itu ada murid saya yang rumahnya berada di lokasi blankspot. Jika menggunakan aplikasi biasa maka ketika terkendala jaringan sinyal, ia bisa saja kehabisan waktu untuk mengerjakan soal. Dengan aplikasi tidak membutuhkan sinyal dan kuota saat mengerjakan. Sehingga bisa meminimalisir eror saat pengerjaan ujian,” ujar saat diwawancarai Radar Pekalongan beberapa waktu lalu.

Atas inovasi dan kreativitasnya ini, lulusan STMIK Widya Pratama Pekalongan ini pun diganjar penghargaan SATU Indonesia dari ASTRA tingkat nasional tahun 2021. Tak hanya itu sebelumnya ia juga sudah mendapatkan penghargaan serupa tingkat provinsi Jateng tahun 2020.