Miris, Siswa Belajar di Atas Rob

by
TERGENANG ROB - Dalam dua tahun terakhir, banjir rob kerap melanda Kampung Bandengan dan bahkan masuk ke dalam SDN 3 Bandengan. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar di sekolahan tersebut terpaksa dilakukan diatas air genangan rob.

*SDN 3 Bandengan Terpaksa Gilir Pembelajaran

KENDAL – Banjir rob kerap melanda Kampung Bandengan, di Kecamatan Kota Kendal dalam dua tahun trakhir ini. Tak hanya merendam perumahan warga, genangan air juga ikut menerjang masuk ke dalam SDN 3 Bandengan yang lokasinya tak jauh dari pantai. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar di sekolahan tersebut terpaksa dilakukan diatas air genangan rob.

Pihak sekolah hanya mengandalkan empat lokal tersisa, yakni kelas 4, 5, 6 dan satu ruang kepala sekolah untuk mengaktifkan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. Hal itu karena empat ruang yang terdiri dari tiga ruang kelas dan satu ruang guru sudah langganan terendam banjir rob. Beberapa fasilitas seperti kursi, lemari, meja, rak buku dibiarkan terbengkalai karena ruang kelas tidak bisa digunakan.

Kepala SDN 3 Bandengan, Siti Mardiyah mengatakan, banjir rob yang melanda sekolahnya berlangsung sudah dua tahun terakhir. untuk pembelajaran siswa, pihaknya hanya mengandalkan bangunan yang berada di sebelah utara setelah ditinggikan. Namun, bangunan di sebelah selatan, yakni 3 ruang kelas dan 1 ruang guru menjadi langganan air. “Agar siswa tetap bisa belajar, kami sediakan mesin pompa air untuk menyedot air rob yang menggenangi gedung sekolah,” katanya, Senin (17/1/2022).

Tingginya banjir rob yang berlangsung dalam dua bulan terakhir memaksa pihak sekolah mengosongkan 4 ruang di sebelah selatan. Sehingga siswa kelas 1, 2, dan 3 digabung dengan kelas 4, 5, 6 melalui sistem pembelajaran shifting. Sedangkan para guru dan tenaga kependidikan menempati ruang yang sama dengan kepala sekolah. “Kami manfatkan ruangan yang ada untuk digunakan. Kalau dipaksakan tiap hari membersihkan ruang yang terkena rob, gak ada waktu untuk mengajar,” ungkapnya.

Siti Mardiyah menyatakan, SDN 3 Bandengan mempunyai sebanyak 184 siswa, 9 guru dan tenaga kependidikan. Kapasitas setiap kelasnya 30-32 siswa yang aktif mengikuti pembelajaran di sekolah. Dengan adanya kebijakan baru PTM 100 persen dengan 6 jam pelajaran, pihak sekolah melakukan berbagai pembenahan dan pembersihan semua ruangan yang terdampak rob sehingga dapat digunakan.