Siapkan Tenaga Handal, Perhutani Gelar Latihan Penebangan

by

DORO – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur melaksanakan kegiatan job training/pelatihan tebangan bagi para petugas lapangan di hutan Petak 32 d RPH Jolotigo, BKPH Doro.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (12/01/2022), dengan peserta segenap asper/KBKPH, KRPH, dan seluruh mandor tebang dalam wilayah Perhutani KPH Pekalongan Timur.

Administratur/KKPH Pekalongan Timur, Untoro Tri Kurniawan, kemarin, mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan tersebut untuk mempersiapkan tenaga-tenaga lapangan yang handal dan cekatan dalam melaksanakan kegiatan tebangan, baik secara administrasi maupun pelaksanaan di lapangan agar dapat meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang terjadi terutama pada proses pelaksanaan tebangan.

Untoro mengatakan, pada tahun 2022 ini Perhutani KPH Pekalongan Timur akan melaksanakan tebang habis seluas 355,14 hektar, dengan rencana produksi 13.451 m3 dengan jenis pinus dan mahoni. Area tebangan ini tersebar di tujuh BKPH, yakni Randudongkal, Kesesi, Paninggaran, Karanganyar, Doro, Bandar, dan Bawang.

Sementara itu, Kasi Produksi dan Agroforestry, Toto Swaranto, mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut lebih menitikberatkan pada ketertiban dalam hal penebangan. Di antaranya teknik arah rebah dan administrasi batang per batang, serta pohon per pohon dalam satu blok. Sehingga antara administrasi dan pelaksanaan kegiatan di lapangan tidak terjadi kesalahan.

Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah kepada para peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dalam pelaksanaan praktik. (had)