Bayi Ini Terlahir dengan Satu Tubuh, Dua Kepala, namun Satu Jantung

by
Proses persalinan bayi kembar dua kepala dengan satu tubuh di RSMH Palembang, Jumat (14/01). Foto: istimewa/humas RSMH Palembang

Seorang ibu berinisial YR (26), melahirkan bayi kembar di RSMH Palembang.

Bayi kembar dilahirkan YR ini memiliki kelainan. Yakni dengan dua kepala, namun hanya memiliki satu tubuh, dan stau jantung. Sehingga harus menjalani perawatan intensif di RSMH Palembang.

Hal ini dibenarkan Humas RSMH Palembang, Suhaimi, ketika dikonfirmasi wartawan melalui sambungan seluler, Jumat (14/01).

“Iya, di RSMH ada ibu melahirkan bayi kembar dengan dua kepala satu tubuh. Bayi dan ibu sekarang dalam keadaan baik,” kata Suhaimi.

Apakah akan dilakukan operasi pemisahan terhadap bayi kembar tersebut?

“Dari keterangan dokter yang menanganinya. Bayi kembar ini hanya memiliki satu jantung. Jadi tidak mungkin dipisah,” ungkapnya.

Jika dilakukan operasi pemisahan, apakah salah satu bayi kembar tersebut berkemungkinan tidak selamat. Mengingat hanya memiliki satu jantung.

“Belum tahu tindak lanjut selanjutnya, masih dalam perawatan dokter. Namun, ibu bayi berharap selanjutnya dapat dilakukan perawatan lebih lanjut, operasi yang terbaik,” ujarnya.

Ditanya identitas dan domisili ibu bayi, Suhaimi mengatakan, jika ibu muda tersebut meminta namanya diinisialkan.

“Ibu bayi juga tadi minta namanya diinisalkan saja, YR,” kata Suhaimi enggan menyebutkan alamat domisili YR.

Hingga berita ini dibuat, ibu dan bayi kembar kepala dua dengan satu badan, masih menjalani perawatan secara intensif di RSMH Palembang. (palpos)