Warga Diminta Jangan Berhenti dari JKN

oleh -
POTONG RANGKAIAN BUNGA - Bupati Fadia Arafia potong rangkaian bunga saat resmikan gedung baru Puskesmas Doro 2 di Larikan, Doro, kemarin.

**Demi Layanan Kesehatan Gratis

DORO – Masyarakat yang sudah memiliki kartu BPJS mandiri maupun Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk tetap dilanjutkan. Jangan sampai berhenti dari keikutsertaannya dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hanya karena ada pemberian pelayanan gratis dari Pemkab Pekalongan.

Pesan itu ditandaskan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, saat meresmikan Gedung Baru Pelayanan UPTD Puskesmas Doro 2, Kamis (13/1/2022) pagi. Dengan adanya program layanan kesehatan gratis cukup dengan menunjukkan KTP yang dimulai sejak tahun 2022 ini, Bupati Fadia minta pihak Puskesmas mengedukasi tiga hal kepada masyarakat. Salah satunya agar masyarakat yang sudah memiliki JKN tidak mengundurkan diri dari keikutsertaan program jaminan kesehatan tersebut.

‘’Karena kita hanya baru bisa mengcover di lingkup Kabupaten Pekalongan saja. Yaitu di RSUD Kraton, RSUD Kajen, RSUD Kesesi 1, dan seluruh puskesmas se-Kabupaten Pekalongan. Itu pun untuk kelas tiga. Jadi kalau mau naik kelas pelayanan atau masuk rumah sakit swasta kalau tidak ada kartu BPJS maupun KIS kan juga sayang sekali ya,’’ ujar Fadia.

Sosialisasi berikutnya adalah pentingnya masyarakat membuat surat rujukan dari Puskesmas terdekat apabila ingin mengakses pelayanan kesehatan ke rumah sakit daerah. Karena menurut Fadia, hal ini merupakan suatu hal yang mutlak harus dilakukan dalam program itu.

Edukasi ketiga adalah menginformasikan kepada masyarakat bahwa pemberian kesehatan gratis bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan itu tidak pandang bulu. Artinya siapa pun bisa mendapatkannya sejauh masih di lingkup rumah sakit milik pemkab dan juga Puskesmas yang ada di Kabupaten Pekalongan.