Saatnya Singkong Lokal jadi Penyuplai Utama Industri Makanan di Kendal

by
SEMINAR - Seminar yang diadakan Baperlitbang mengeksplorasi tentang peluang produksi singkong Kendal untuk menyuplai industri makanan.

“Selain itu, untuk menggali informasi kesulitan petani dalam produksi singkong dan menjembatani kerja sama antara petani dalam produksi singkong dan perusahaan dalam menampung singkong dari petani,” ujar Adji saat menyampaikan sambutan Plt Kepala Baperlitbang Kendal.

Ia mengungkapkan, salah satu industri yang berada di Kabupaten Kendal adalah PT Boga Makmur Gracia yang merupakan industri makanan ringan, seperti keripik singkong.

Namun sebagian besar bahan baku utama sejauh ini masih dipenuhi dari luar wilayah Kabupaten Kendal. “Maka dari itu, perlu ada kolaborasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal yang Iebih baik,” kata Adji.

Dalam paparan materinya, Bagian Umum PT Boga Makmur Gracia, Heri Suswanto menyampaikan bahwa perusahaannya memproduksi makanan ringan, di mana 80% nya adalah keripik singkong, sementara 20% sisanya berbahan tepung. Sedangkan untuk suplay utamanya ke PT. Indofood yang setiap harinya harus memproduksi kripik singkong sebanyak 13 ton.

Diakui Heri, bahan baku singkong 60% disuplai dari Sukabumi dan 37% dari daerah lain di luar Kendal, sementara suplai lokal Kendal hanya 3%.

“Harapan kami, Kendal ini menjadi penyuplai nomor satu bahan kripik singkong yang kami produksi, karena kalau melihat dari segi geografisnya dari suka bumi hampir sama. Selain itu, singkong merupakan tanaman yang mudah untuk tumbuh. Saya yakin Kendal pasti bisa,” jelasnya. (red/sef)