Kota Pekalongan Siap Mulai Laksanakan Vaksinasi Booster

by
VAKSINASI - Kota Pekalongan siap mulai melaksanakan pemberian vaksin booster kepada masyaraat secara gratis.

KOTA – Pemkot Pekalongan bersiap menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat untuk mulai memberikan vaksin dosis ketiga (booster) secara gratis yang telah dimulai sejak 12 Januari 2022. Saat ini, Pemkot tengah menunggu rencana teknis pemberian vaksin.

Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Pemkot Pekalongan memastikan vaksinasi booster Covid-19 akan diberikan ke seluruh masyarakat secara gratis. Namun, prioritas diberikan kepada kelompok rentan dan lansia lebih dulu.

Aaf, sapaan akrabnya mengakui, terkait pemberian vaksin booster di Kota Pekalongan sebetulnya sudah dimulai beberapa bulan lalu namun dengan sasaran prioritas tenaga kesehatan atas dasar alasan kegawatdaruratan akibat invasi varian Delta dengan prosentase yang masih kecil.

“Terkait pemberian vaksin booster untuk Kota Pekalongan sedang dipersiapkan, di mana syarat sasarannya adalah ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis. Sementara ini akan diprioritaskan bagi masyarakat rentan tertular seperti lansia,” tutur Aaf saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, untuk Kota Pekalongan sejatinya sudah bisa menerapkan pemberian vaksin booster namun secara resmi dropping vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah belum seluruhnya sampai ke Kota/Kabupaten. Adapun ketentuan pemberian vaksin booster nantinya mencakup tiga alternatif. Yang pertama, bagi warga yang mendapatkan vaksin primer Sinovac untuk dosis 1 dan dosis 2, maka akan diberikan booster vaksin Pfizer setengah dosis.