Waspadai Janji Percepatan Pemberangkatan Haji!

by
LAPORKAN - Kepala Kantor Kemenag, Mahrus, mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika ada oknum janjikan percepatan pemberangkatan haji.

*Kemenag Minta Masyarakat Melaporkan

KENDAL – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kendal menyatakan sudah dua tahun ini tidak ada kegiatan pemberangkatan haji. Karena itu, Kemenag meminta masyarakat tak mudah tergiur dengan janji percepatan pemberangkatan haji, mengingat hal itu tidak mungkin bisa dilakukan.

Pesan itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kendal, Mahrus, Kamis (13/1/2022). Dia menyebut saat ini semua tahapan administrasi haji sudah bisa dilakukan secara online, bahkan pendaftaran bisa dilakukan sendiri melalui aplikasi haji pintar.

“Mempercepat waktu keberangkatan jelas tidak mungkin bisa dilakukan oleh siapapun. Semua terintegrasi dengan sistem, jadi jika ada yang merasa bisa melakukan percepatan pemberangkatan itu adalah penipuan,” kata Mahrus.

Saat ini masyarakat bisa mendaftar sendiri melalui aplikasi haji pintar dan tidak perlu harus datang ke Kantor Kemenag. Dengan menggunakan HP dan mendownload aplikasinya maka siapapun tidak perlu lagi capek-capek ke Kantor Kemenag untuk mendaftar haji. Sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat terkait modus penipuan. “Saat ini waktu tunggu pemberangkatan haji di Kabupaten Kendal yakni hingga tahun 2050 atau 28 tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk penyelenggaraan ibadah umrah yang kembali dibuka, Kemenag Kendal saat ini masih menunggu regulasi dari Kemenag pusat. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kendal, Nur Qoidah menjelaskan, meskipun pemberangkatan ibadah umrah sudah dibuka pada 8 Januari lalu, namun Kemenag Kendal belum memberangkatkan jemaahnya.

“Pemberangkatan umrah itu sudah ada di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah masing-masing, hingga saat ini belum menerima permohonan rekomendasi,” ucapnya. (lid)