Normalisasi Kalibanger Sepanjang 7 Km Terus Digarap

by
PENGERUKAN - Sejumlah alat berat sedang melakukan pengerukan Kali Banger, kemarin. Pekerjaan ini merupakan rangkaian proyek normalisasi Kali Banger sebagai bagian penanganan banjir dan rob di Kota Pekalongan hingga 2023 mendatang.

KOTA – Kementerian PUPR melalui BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Pemali Juana menggelontorkan anggaran Rp1,24 triliun untuk paket pekerjaan penanganan banjir rob di Kota Pekalongan dari tahun 2021 hingga 2023 mendatang.

Anggaran sebesar itu dibagi menjadi tiga paket pekerjaan. Paket 1 terdiri dari pembuatan kolam retensi, pembangunan parapet, pekerjaan bendung gerak, dan pekerjaan regular gate. Paket 2 meliputi normalisasi Kali Banger, pembangunan parapet, normalisasi Sungai Gabus, dan tanggul rob. Sedangkan paket 3 meliputi pekerjaan pompa serta pekerjaan long storage.

Kontrak ketiga paket pekerjaan tersebut telah diteken oleh Oktober 2021 lalu oleh PT Waskita KSO, PT Brantas Abipraya KSO dan PT Jaya Konstruksi KSO. Untuk paket 1 akan dilaksanakan oleh PT Waskita-KSO, Paket 2 oleh PT Brantas Abipraya-KSO, dan paket 3 oleh PT Jaya Konstruksi-KSO.

Demikian disampaikan Pimpro PT Brantas Abipraya Sujatio melalui Humas Pelaksana proyek, Yusuf, didampingi staf tehnik, Farit Wisnu, Rabu (12/1/2022).

“PT Brantas Abipraya sendiri melaksanakan Proyek Paket 2 berupa normalisasi Kali Banger dan pemasangan parapet kanan-kiri dari muara Kali Banger sampai Sungai di wilayah Kuripan Kidul, Pekalongan Selatan, sepanjang 7 km. Jadi secara keseluruhan kanan kiri sepanjang 14 km,” bebernya.