Innova Disambar KA Logawa, 4 Penumpang Tewas

by
Kijang Innova yang disasak KA Logawa di Desa Bayeman, Kecamata Tongas, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)

Kecelakaan lalu lintas melibatkan kereta api (KA) kembali terjadi di Probolinggo. Kali ini, mobil Kijang Innova disasak KA Logawa di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Kamis sore, 13 Januari 2022.

Akibatnya, empat penumpang Kijang Innova tewas di lokasi kecelakaan di perlintasan KA di Dusun Jaringan, Desa Bayeman. Kondisi Kijang Innova bernomor polisi (Nopol) L-1172-MW rusak berat (ringsek).

Kecelakaan maut itu diduga karena sopir Kijang tidak menengok ke kanan-kiri saat hendak melewati perlintasan KA. Akibat saat berada di atas rel, mobil Kijang itu dihantam KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember yang melaju dari arah barat.

Seorang saksi mata, Nawawi, warga sekitar mengatakan, mobil Kijang terseret hingga sekitar 20 meter. Empat penumpang di dalam mobil akhirnya tidak tertolong jiwanya.

“Informasinya, mobil Kijang itu hendak ke tambak yang lokasinya di utara rel. Tetapi ketika melintasi rel, mobil itu tertabrak kereta api,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan saksi lain, Imam Syafii, juga warga Bayeman. Dikatakan, Kijang Innova dari arah Surabaya (arah barat) kemudian berbelok ke kiri (arah utara) kemudian melintasi rel KA.

“Sepertinya mobil itu hendak ke arah tambak di Bayeman, kayaknya rombongan sales,” ujarnya. Tetapi karena jaraknya sudah dekat, mobil itu tertabrak KA Logawa dari arah barat.

Warga sekitar kemudian menelepon polisi dan RSUD Tongas, Kabupaten Probolinggo. Empat jenazah korban kecelakaan langsung dievakuasi ke kamar mayat RSUD Tongas.

Sementara itu Komandan Pleton Polsuska PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember, Kapten Muhammad Halil membenarkan, telah terjadi kecelakaan maut di perlintasan KA di Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Dikatakan, berdasarkan informasi sejumlah saksi, sopir mobil Kijang Innova melintasi rel KA tanpa menoleh ke kanan-kiri. Sehingga sopir Kijang tidak mengetahui, pada saat bersamaan melaju KA Logawa dari arah barat.

“Informasi yang kami terima, seluruh penumpang termasuk sopir Kijang Innova tewas. Seluruh korban sudah dievakuasi dari TKP,” ujar Halil.

Halil mengaku, belum bisa mengetahui identitas keempat korban yang tewas. Demikian juga petugas dari Unit Laka Satlantas Polres Probolinggo Kota (Polresta) masih sibuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengamankan sejumlah barang bukti. (ngopibareng)