Mahasiswa Kehutanan IPB PKL di KPH Pekalongan Timur

by

PETUNGKRIYONO – Sebanyak 17 mahasiswa Fakultas Kehutanan, IPB University, melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) di lingkup Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur. Salah satunya mereka praktik di kawasan hutan Petungkriyono.

Mereka diterima oleh Administratur Perhutani KPH Pekalongan Timur, Untoro Tri Kurniawan, Rabu (5/1/2022). Para mahasiswa dari Fakultas Kehutanan IPB tersebut akan melakukan praktik kerja lapangan selama dua minggu di wilayah KPH Pekalongan Timur. Area praktik di kantor dan di lapangan.

Materi PKL yang akan dipelajari mahasiswa tersebut meliputi bidang produksi hasil hutan kayu dan non kayu, bidang perencanaan, bidang tanaman, bidang agribisnis dan ekowisata, serta bidang perhutanan sosial.

Administratur KPH Pekalongan Timur, Untoro Tri Kurniawan, dalam arahannya, menjelaskan tentang tata kelola hutan lestari yang selama ini dilaksanakan oleh Perum Perhutani. Harapannya para mahasiswa dari IPB dapat menimba ilmu dan pengalaman kerja di Perum Perhutani juga dapat mengimplementasikan ilmu yang selama ini dipelajari dari bangku kuliah, sehingga dapat bermanfaat setelah PKL ini selesai.

Sementara itu, salah satu mahasiswa praktik, Abimanyu, mengatakan, tujuan dari PKL ini untuk menerapkan antara teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktik nyata di lapangan, serta mendapat gambaran tentang pengelolaan hutan di wilayah kerja Perum Perhutani. Ia dan rekan-rekan mahasiswa lainnya berterima kasih atas sambutan baik Perhutani KPH Pekalongan Timur. (had)