Waspadai Transmisi Lokal Omicron

by
RAKOR - Sekda M Yulian Akbar bersama unsur Forkompinda dan OPD terkait ikuti rakor kewaspadaan omicron secara virtual.

*Prokes Dipatuhi, Vaksinasi Digenjot

KAJEN – Varian Omicron sudah masuk ke Indonesia. Itu sesuatu yang tak bisa dihindari. Bahkan sudah terjadi transmisi lokal varian ini. Masyarakat diimbau tidak panik. Patuhi protokol kesehatan dengan baik, sebagai upaya mencegah penyebaran varian Omicron. Selain itu, vaksinasi akan digenjot. Utamanya untuk sasaran lansia dan anak-anak.

“Varian Omicron ini sudah ada di 150 negara, termasuk sudah ada di Indonesia. Ini sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Omicron sudah ada di wilayah Indonesia. Transmisi lokal juga sudah terjadi. Datanya juga sudah ada secara nasional,” ungkap Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar, dihubungi, Rabu (12/1/2022).

Sekda bersama kepala OPD terkait dan unsur Forkompinda pada Selasa (11/1/2022) malam mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Menghadapi Omicron secara vidcon di Ruang Rapat Bupati. Rakor secara virtual tersebut dipimpin oleh Menko Manivest RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Disampaikan Akbar, masyarakat tidak perlu panik dengan varian ini tapi tetap waspada. Yakni dengan patuh terhadap protokol kesehatan yang ketat. Gunakan masker dan jaga jarak. Yang lebih penting lagi pemerintah daerah akan mempercepat vaksinasi. Utamanya untuk lansia dan anak-anak.

“Lansia sendiri kita sudah di angka 65,8 persen untuk dosis 1, dan dosis 2 di 38,8 persen. Sehingga kami akan memfokuskan di vaksin lansia yang dosis 2 untuk mencapai target 50 persen. Kita kurang sekitar 12 persen. Saya sudah minta Dinas Kesehatan untuk mengkoordinasikan dengan kawan-kawan faskes untuk mengejar vaksin lansia,” katanya.