Usulkan Kuota 4 Juta Tabung Gas 3 Kg

by
MENCUKUPI - Kota Pekalongan mengusulkan alokasi 4 juta tabung gas 3 kg pada tahun 2022 yang diperkirakan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama satu tahun.

Menurutnya, dalam kasus-kasus tertentu seperti kelangkaan, pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan Pertamina untuk melihat kebutuhan di lapangan. Jika memang dibutuhkan, maka bisa saja digelar operasi pasar.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan bahwa gas 3 kg merupakan gas bersubsidi yang peruntukannya bagi masarakat miskin dan usaha kecil mikro. Sehingga dirinya mengimbau kepada masyarakat yang sudah masuk kategori mampu dan usaha besar agar tidak menggunakan gas 3 kg. Karena dalam perhitungan usulan alokasi, pihaknya juga mendasarkan pada data warga miskin dan UMKM yang masuk kategori berhak.

“Harapannya karena ini LPG bersubsidi maka masyarakat yang mampu jangan pakai. LPG bersubsidi ini peruntukkannya bagi UMKM kecil dan mikro, nelayan, serta masyarakat tidak mampu. Kuota ini terbatas tak bisa seenaknya ada hitungannya dari jumlah masyarakat miskin, UKM kecil, dan berapa nelayan kecil berapa,” tandasnya.(nul)