Berusia Ratusan Tahun, Jembatan Glotak Rawan Ambruk

oleh -
DITUTUP - Jembatan Glotak melintang di atas Sungai Sragi Baru terletak di Desa Blimbingwuluh Kecamatan Siwalan, Selasa (11/1/2022) terpaksa ditutup.

*Terpaksa Ditutup

SIWALAN – Jembatan Glotak yang melintang di atas Sungai Sragi Baru dan terletak di Desa Blimbingwuluh Kecamatan Siwalan, Selasa (11/1/2022) terpaksa ditutup. Pasalnya jembatan berusia ratusan tahun tersebut rawan ambruk sehingga membahayakan warga.

Jembatan Glotak yang menghubungkan Desa Blimbingwuluh dan Tengeng Wetan di Kecamatan Siwalan, dengan desa-desa di Kecamatan Sragi merupakan akses utama warga sekitar. Namun beberapa pekan terakhir karena kerap dilanda banjir dan banyak sampah yang menyangkut dibawah membuat rangka rawan putus.

Karena jembatan akses penghubung antar desa antar kecamatan dengan panjang 70 x 2,5 meter itu ditutup, maka warga terpaksa memutar sejauh lebih dari 5 km.

Kepala Desa Blimbingwuluh, Kecamatan Siwalan Riyanto menyampaikan warga sudah bertahun-tahun mengajukan permohonan perbaikan jembatan atau pembangunan jembatan pengganti kepada pemerintah daerah. Namun hingga saat ini, belum juga ada tanda-tanda infrastruktur itu bakal diperbaiki.

Bahkan melalui Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan), warga mengusulkan pembangunan jembatan baru. Usulan tersebut sebenarnya sudah memasuki tahap e-planning. “Informasi terakhir, katanya akan dibuat bronjong sebagai pengaman”, ungkap Riyanto.