Senangnya Warga Pranten Bisa Mudah Akses Internet

by
NAIK GENTING - Beginilah dulu rutinitas pelajar di Desa Pranten selama pembejalaran daring, terpaksa naik genting untuk dapat sinyal. Tetapi kondisi ini sekarang sudah berakhir, mereka bisa mengakses internet dengan mudah.

Ia pun mengapresiasi Diskominfo Batang yang telah memfasilitasinya sarana komunikasi melalui jaringan internet kabel. “Berkat jaringan kabel internet yang difasilitasi Diskominfo Batang, komunikasi kita lancar dengan Pemerintah kecamatan maupun ke Pemerintah Kabupaten Batang,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, para pelajar pun sekarang dapat belajar secara daring dengan nyaman. Tidak lagi harus mencari sinyal.

Sementara itu, Bupati Batang, Wihaji mengatakan, desa yang tidak memilki jaringan internet ataupun susah sinyal menjadi prioritas. Karena hal itu masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) melalui program Smart Village.

“Kita sudah perintahkan Diskominfo Batang agar difasilitasi sinyal. Karena biasanya masyarakat Desa Pranten susah sinyal. Sekarang sudah difailitasi, hanya penyebarannya tinggal disosialisasikan saja,” terangnya.

Wihaji juga menyebut fasilitas jaringan internet bagian dari memberikan kepastian kepada para pelajar di Desa Pranten. “Dulu sekolah online, para pelajar belajar di atas genteng. Sekarang Pemda sudah memfasilitasi ada sinyal di dataran tinggi seperti di Desa Pranten,” ujar dia. (fel)