Senangnya Warga Pranten Bisa Mudah Akses Internet

by
NAIK GENTING - Beginilah dulu rutinitas pelajar di Desa Pranten selama pembejalaran daring, terpaksa naik genting untuk dapat sinyal. Tetapi kondisi ini sekarang sudah berakhir, mereka bisa mengakses internet dengan mudah.

*Dulu Harus Naik Genteng untuk Dapat Sinyal

BATANG – Metode pembelajaran jarak jauh secara daring selama pandemi Covid-19 sempat menjadi momok bagi pelajar di wilayah Batang selatan, tepatnya di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, mengingat sulitnya mendapatkan akses internet. Tetapi kesenjangan teknologi itu akhirnya dijawab oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang dengan menghadirkan jaringan internet untuk wilayah yang berbatasan langsung dengan kawasan Dieng tersebut.

Sebelumnya, warga dan pelajar di Pranten telah lama berkarib dengan kondisi sulitnya sinyal internet di desanya. Situasi tersebut menjadi semakin terasa saat pembelajaran daring diberlakukan sejak awal pandemi Covid-19. Aktivitas pembelajaran pun menjadi tidak optimal.

Dengan sulitnya akses internet, maka para siswa bahkan harus berjuang keras untuk bisa mendapatkannya dan mengikuti pembelajaran online. Aktivitas siswa mencari tempat tinggi hingga memanjat genteng WC umum bahkan menjadi pemandangan rutin harian. Mereka melakukan upaya keras itu demi memburu sinyal agar bisa mengikuti pembelajaran daring.

Melihat persoalan tersebut, Diskominfo Batang pun akhirnya turun tangan, mengupayakan kemudahan akses internet untuk warga lereng Dieng tersebut. Metode cepat pun diambil, yakni dengan memfasilitasi jaringan kabel internet yang menyambungkan dari wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Sontak, hal itu langsung disambut masyarakat Desa Pranten dengan gembira, karena wilayah tersebut terentaskan dari susah sinyal internet. “Alhamdulilah, sekarang (sinyal internet) lancar, kemarin-kemarin ngeblang tidak ada sinyal,” kata Kepala Desa Pranten, Edi saat ditemui di Balai Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Selasa (11/1/2021).